3 Doa Berpakaian dan Adab-Adab saat Memakai Baju

Doa Berpakaian - Pakaian yang kita kenakan yaitu gambaran kepribadian diri kita. Dalam istilah jawa, disebutkan bahwa “ajine rogo ono ing busono” yang artinya yaitu nilai dari raga kita terdapat dari pakaian yang kita kenakan.

Dalam Islam sendiri, rasululloh SAW mengajarkan kepada kita untuk selalu berserah diri kepada Alloh dalam setiap aktivitas. Termasuk ketika kita hendak berpakaian, maka akan lebih baik bagi kita untuk berdoa ketika hendak memakainya dan ketika melepasnya, terutama pakaian-pakaian yang gres kita beli. Nah, di kesempatan artikel kali ini kami akan membahas ihwal menyerupai apa doa berpakaian yang diajarkan oleh Rasululloh lengkap dengan artinya serta adab-adab berpakaian yang sebaiknya diamalkan oleh seorang muslim.

Doa Berpakaian

Ada 3 doa berpakaian yang akan kami bahas di kesempatan ini, yaitu doa ketika hendak memakai baju baru, doa ketika berpakaian biasa, dan doa ketika melepas pakaian.

Doa Hendak Memakai Baju Baru

Yang pertama yaitu doa hendak memakai baju baru. Untuk menghadapkan ridho dan kebaikan dari pakaian gres yang kita beli, hendaknya kita membaca doa berikut ini.

Doa Hendak Memakai Baju Baru

Latinnya : Alhamdulillaahil-ladzii kasaanii haadzaa, wa rozaqoniihi min ghoiri hawlin minnii wa laa quwwatin.
Artinya : Segala puji bagi Yang Mahakuasa yang telah memberi gue pakaian ini dan menunjukkan rizqi. Tiada upaya dan kekuatan dariku.

Bacalah doa di atas bukan hanya terbatas ketika Anda memakai baju baru. Saat mengenakan sandal, celana, sorban, kopiah dan lain sebagainya yang dikenakan sebagai perlengkapan pakaian hendaknya kita juga membaca doa berpakaian di atas sebagai wujud pengharapan dari kebaikan pakaian yang kita kenakan.
Doa Nabi Yusuf agar Wajah Bercahaya
Doa Agar Terlihat Cantik setiap Hari
Doa Agar Kekasih Rindu Setengah Mati

Doa Berpakaian

Adapun ketika saat-saat biasa, setelah mandi dan hendak mengenakan pakaian atau baju lama, maka hendaknya Anda juga membaca doa. Lafal doa berpakaian yang dapat diamalkan memiliki lafalz dan artinya sebagaimana berikut:

Doa Berpakaian

Latinnya: Alloohumma innii as-alukal min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa a'uudzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu
Artinya: Ya Allah, bekerjsama gue mohon kepada-Mu kebaikan dari pakaian ini. Dan gue berlindung kepada-Mu dari kejahatan pakaian ini.

Doa Melepas Pakaian

Adapun ketika hendak mandi, ketika melepas pakaian kita juga sebaiknya membaca doa. Lafadz doa yang dapat dibaca berserta artinya yaitu sebagaimana berikut:

Doa Melepas Pakaian

Latinnya : Bismillaahilladzii laa ilaaha illaa huwa.
Artinya : Dengan nama Allah, tiada tuhan selain Dia.

Adab-adab Berpakaian

Selain dengan mengamalkan doa-doa berpakaian di atas, sebagai seorang umat Nabi Muhammad hendaknya kita juga mengikuti sunnah atau adab-adab berpakaian yang diajarkan oleh Rasululloh. Berikut ini adab-adab berpakaian yang dapat Anda amalkan.
  1. Tidak dibolehkan seorang laki-laki memakai pakaian dari bahan kain sutera dan menggunakan emas.
  2. Tidak dibolehkan seorang laki-laki memakai pakaian melebihi mata kaki. Sementara diwajibkan bagi wanita memakai pakaian yang menutupi mata kakinya, serta menggunakan kerudung yang menutupi leher dan dada.
  3. Dilarang menutup kain ke seluruh tubuh tanpa memberi daerah keluarnya tangan.
  4. Laki-laki tidak boleh mengenakan busana muslimah, dan wanita muslimah tidak boleh mengenakan busana laki-laki.
  5. Hendaknya membaca doa sebelum berpakaian dan sesudah berpakaian sebagai wujud serah diri dan dijauhkan dari sikap sombong.
  6. Ketika hendak memakai pakaian atau perlengkapan lain, hendaknya mendahulukan adegan tubuh yang kanan.

Nah, demikianlah kumpulan doa-doa berpakaian dan artinya beserta adat moral berpakaian yang sebaiknya kita amalkan sebagai seorang muslim. Semoga bermanfaan dan pakaian yang kita kenakan dapat selalu membawa kebaikan kepada kita, baik pada kebaikan ahlak maupun kebaikan penampilan. Semoga bermanfaat!
Sumber http://cintasunnahku.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2 Doa Penutup Majelis yang Sesuai Sunnah Rasululloh dan Artinya

4 Doa Agar Dia Ingat Kita Terus dan Minta Jodoh Dengan Si Dia

3 Doa Panjang Umur : Murah Rejeki, Kesehatan, dan Kebaikan Dunia Akhirat