Doa Masuk Kamar Mandi dan Keluar Kamar Mandi (WC)

Di artikel kali ini, kami akan membahas tentang doa masuk kamar mandi dan doa keluar kamar mandi atau WC. Pembahasan pada artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas wacana doa masuk masjid.

Ada hadist yang menyatakan bahwa WC atau kamar mandi yaitu kawasan yang disukai para jin dan syetan. Oleh alasannya ialah yaitu itu, dalam islam, ada tuntunan yang sebaiknya diamalkan seorang muslim sebagai etika menggunakan WC dan untuk menghindari adanya keburukan-keburukan yang muncul dari godaan-godaan jin WC kepada diri kita. Salah satu amalan tersebut yaitu melafalkan doa masuk kamar mandi dan doa dikala keluar kamar mandi.

Doa Masuk Kamar Mandi

Lafal doa masuk kamar mandi termasuk doa yang pendek, sehingga biasanya sudah diajarkan untuk anak-anak usia sekolah dasar. Adapun bagi Anda yang belum tahu atau belum hapal doa ini, berikut lafalnya untuk dapat Anda amalkan beserta latin dan artinya.

Doa Masuk Kamar Mandi

Latinnya : Allahumma innii a'uudzu bika minal khubutsi wal khobaaitsi.
Artinya : Ya Allah, bersama-sama gue berlindung kepadaMu dari setan laki-laki dan setan perempuan.

Doa tersebut yaitu wujud permohonan kita kepada Alloh biar dilindungi dari semua godaan syetan yang ada di dalam kamar mandi. Bacakan doa tersebut biar tidak terjadi hal buruk pada Anda dikala berada dalam WC.
Doa Masuk dan Keluar Masjid
Doa Naik Kendaraan
Doa Talak Bala

Doa Keluar Kamar Mandi

Sama halnya dikala hendak masuk, dikala kita keluar dari kamar mandi, kita juga disarankan untuk membaca doa. Adapun doa keluar kamar mandi yang sesuai sunnah memiliki lafal sebagaimana berikut:

Doa Keluar Kamar Mandi

Latinnya : Alhamdulillahil ladzii adzhaba annil adza wa 'aafanii.
Artinya : Segala puji bagi Tuhan yang telah menghilangkan (kotoran) penyakit dan telah membuatku sehat.

Adab Keluar dan Masuk Kamar Mandi

Selain dengan melafalkan doa masuk kamar mandi dan doa keluar kamar mandi, ada beberapa etika yang sebaiknya kita patuhi dikala menggunakan WC.
  1. Mendahulukan kaki kiri dikala akan masuk ke dalam kamar mandi seraya membaca doa masuk kamar mandi yang lafalnya telah disampaikan di atas.
  2. Sangat dianjurkan menggunakan ganjal kaki dan tutup kepala dikala berada di dalam kamar mandi.
  3. Jangan berbicara wacana apapun dikala sedang ada di dalam kamar mandi.
  4. Tidak diperkenankan menghadap atau membelakangi arah kiblat dikala buang air besar dan buang air kecil.
  5. Disunahkan dehem 3 kali dikala simpulan buang air kecil biar kotoran dapat keluar semua.
  6. Jangan menjawab salam, membawa atau membaca lafadz Alloh (Al-Quran) dan hadist Nabi dikala berada dalam WC. Termasuk membuka aplikasi Qur’an yang ada di handphone Anda.
  7. Tidak boleh makan dan minum di dalam WC dan jangan berlama-lama berada di dalam kamar mandi.
  8. Berhati-hatilah akan percikan najis dari kotoran Anda dan bersihkan semua najis yang mungkin menempel di badan.
  9. Keluarlah dari WC setelah simpulan dengan mendahulukan kaki kanan dan membaca doa keluar kamar mandi yang lafalnya telah kami sampaikan di atas.

Nah, demikianlah penjelasan singkat kami wacana adab-adab masuk WC, beserta doa masuk kamar mandi dan doa keluar kamar mandi. Semoga penyampaian kami ini bermanfaat dan dapat diamalkan sebagai suatu sunnah yang baik. Ajarkan etika dan doa-doa tersebut kepada anak Anda biar mereka dapat mempelajari sunnah sejak kecil dan dapat mengamalkannya sedini mungkin. Salam.
Sumber http://cintasunnahku.blogspot.com

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

2 Doa Penutup Majelis yang Sesuai Sunnah Rasululloh dan Artinya

4 Doa Agar Dia Ingat Kita Terus dan Minta Jodoh Dengan Si Dia

3 Doa Panjang Umur : Murah Rejeki, Kesehatan, dan Kebaikan Dunia Akhirat